SEMUA MANUSIA DARI ADAM SAMPAI KIAMAT ... DISELAMATKAN OLEH KARENA IMAN DALAM KRISTUS YESUS ATAU MESIAS, IMANUEL ATAU JURU SELAMAT

DIDALAM TOFIK INI DIBAHAS MENGENAI KESELAMATAN HANYA MELALUI IMAN DIDALAM YESUS (YG DIJANJIKAN DATANG KEDUNIA UNTUK MENJADI TUHAN DAN PENEBUS)

DAN

SUNAT

===============================
SEMUA MANUSIA DARI ADAM SAMPAI KIAMAT ... DISELAMATKAN OLEH KARENA IMAN DALAM KRISTUS YESUS ATAU MESIAS, IMANUEL  ATAU JURU SELAMAT
IMANUEL = TUHAN BESERTA KITA = TUHAN MENJADI MANUSIA

KARENA JURU SELAMAT TELAH DINUBUATKAN SEMENJAK ADAM JATUH DALAM DOSA

A. JAMAN ADAM
KEJADIAN
3:14. Lalu berfirmanlah TUHAN Allah kepada ular itu: "Karena engkau berbuat demikian, terkutuklah engkau di antara segala ternak dan di antara segala binatang hutan; dengan perutmulah engkau akan menjalar dan debu tanahlah akan kaumakan seumur hidupmu.

3:15 Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."

SYMAK
1. TUHAN MENGUTUK ULAR
2. TUHAN BERFIRMAN KEPADA IBLIS..AYAT 15 (BUKAN PADA ULAR ITU LAGI)

JADI JANJI INI TERUS TURUN TEMURUN DI CERITAKAN KEPADA ANAK CUCU ADAM BAHWA SUATU WAKTU NANTI AKAN ADA JURU SELAMAT LAHIR YANG AKAN MEREMUKKAN KEPALA IBLIS

(MANUSIA NGAK MUNGKIN DAPAT MEREMUKKAN  IBLIS KECUALI TUHAN SENDIRI JADI MANUSIA)

 -------------------------------------------- 
YANG PERCAYA PADA JANJI INI ...ADALAH ORANG BERIMAN
 UNTUK SELAMAT PERLU TERUS BERIMAN DAN PERCAYA PADA JANJI ITU
 ------------------------------------------

B. JAMAN ABRAHAM

Kejadian  17:10 Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat;

Kejadian  17:12 Anak yang berumur delapan hari haruslah disunat, yakni setiap laki-laki di antara kamu, turun-temurun: baik yang lahir di rumahmu, maupun yang dibeli dengan uang dari salah seorang asing, tetapi tidak termasuk keturunanmu.

Kejadian  17:13 Orang yang lahir di rumahmu dan orang yang engkau beli dengan uang harus disunat; maka dalam dagingmulah perjanjian-Ku itu menjadi perjanjian yang kekal.

(INGAT... PERJANJIAN ANTARA TUHAN DAN ABRAHAM KEPADA KETURUNANNYA ISHAK, YAKUB DANSELURUH ISRAEL)
 -------------------------------------------

SUATU JANJI AKAN TIDAK BERLAKU LAGI APABILA JANJI ITU SUDAH DI TEPATI

SUNAT MENGANDUNG JANJI ... supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu.

MAKSUDNYA DISINI ALLAH HADIR BERSAMA2 KETURUNAN ABRAHAM (IMANUEL)
------------------------------------------
KEJADIAN

17:7. Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu.

17:8 Kepadamu dan kepada keturunanmu akan Kuberikan negeri ini yang kaudiami sebagai orang asing, yakni seluruh tanah Kanaan akan Kuberikan menjadi milikmu untuk selama-lamanya; dan Aku akan menjadi Allah mereka."

------------------------------------------
17:9 Lagi firman Allah kepada Abraham: "Dari pihakmu, engkau harus memegang perjanjian-Ku, engkau dan keturunanmu turun-temurun.
----------------------------------------

17:10 Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat;

17:11 haruslah dikerat kulit khatanmu dan itulah akan menjadi tanda perjanjian antara Aku dan kamu.


*** INGAT....SUNAT JUGA TIDAK SEPERTI SUNAT SEKARANG... CUKUP JELAS

*** ORANG INDONESIA ATAU ORANG DILUAR GARIS KETURUNAN SECARA LAHIRIAH JANJI ITU TIDAK BERLAKU

-----------------------------------------------------

PERJANJIAN ITU TIDAK BOLEH PUTUS... .ARTINYA TURUN TEMURUN HARUS DILAKUKAN DAN DIINGAT BAHWA TUHAN AKAN MENJADI ALLAH MEREKA KEKALSAMPAI JANJI ITU DIGENAPI

-------------------------------------------


KALAU DIBANDINGKAN DENGAN KETURUNAN ISMAIL.... SUNAT TERPUTUS


MUHAMMAD ... YANG KONON KATANYA DISUNAT ... BATAL UNTUK HUKUM TUHAN INI SEBAB BAPA, KAKEK, NENEK MOYANGNYA TIDAK MENGIKUTI SUNAT INI ... (HILANG) >>> JADI TIDAK MASUK DALAM PERJANJIAN INI


Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya. >>> TERBUKTI JUGA BAHWA HANYA DARI ISHAK, YAKUB (ISRAEL) YG MELAKSANAKAN SUNAT (SUNAT TIDAK PERNA TERPUTUS SAMPAI JANJI ITU DIGENAPI YAITU LAHIRNYA TUHAN YESUS)

========================

APA ISI JANJI TUHAN DALAM SUNAT...?

1.  Kepadamu dan kepada keturunanmu akan Kuberikan negeri ini yang kaudiami sebagai orang asing, yakni seluruh tanah Kanaan akan Kuberikan menjadi milikmu untuk selama-lamanya;

2. dan Aku akan menjadi Allah mereka."


UNTUK SELAMAT PERLU TERUS BERIMAN DAN PERCAYA PADA JANJI ITU YAITU MELAKUKAN SUNAT (MERUPAKAN TANDA ORANG PERCAYA)

==============================
NAMUN TAK LUPA BAHWA DULUPUN TETAP BERLAKU SUNAT ROHANI

Ulangan  10:16 Sebab itu sunatlah hatimu dan janganlah lagi kamu tegar tengkuk.

Yeremia  9:26 orang Mesir, orang Yehuda, orang Edom, bani Amon, orang Moab dan semua orang yang berpotong tepi rambutnya berkeliling, orang-orang yang diam di padang gurun, sebab segala bangsa tidak bersunat dan segenap kaum Israel tidak bersunat hatinya."

SUNAT HATI LEBIH PENTING DARI SUNAT BADANI TETAPI SEBELUM JANJI ITU DIGENAPI MAKA PERLU ADA TANDA  DIDALAM KETURUNAN ABRAHAM YANG  PERCAYA JANJI ITU

Yeremia  4:4 Sunatlah dirimu bagi TUHAN, dan jauhkanlah kulit khatan hatimu, hai orang Yehuda dan penduduk Yerusalem, supaya jangan murka-Ku mengamuk seperti api, dan menyala-nyala dengan tidak ada yang memadamkan, oleh karena perbuatan-perbuatanmu yang jahat!"

Yehezkiel  44:7 yang membiarkan orang-orang asing, yaitu orang-orang yang tidak bersunat hatinya maupun dagingnya masuk dalam tempat kudus-Ku dan dengan kehadirannya mereka menajiskannya waktu kamu mempersembahkan santapan-Ku, yaitu lemak dan darah. Dengan berbuat begitu kamu lebih mengingkari perjanjian-Ku dari pada dengan segala perbuatanmu yang keji yang sudah-sudah.

Yehezkiel  44:9 Oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Tidak seorangpun dari orang-orang asing yang hatinya dan dagingnya tidak bersunat, boleh masuk dalam tempat kudus-Ku, ya setiap orang asing yang ada di tengah-tengah orang Israel.

-------------------------------------------------
PAULUS TIDAK MENGADA NGADA AKAN SUNAT HATI SESUNGGUHNYA YG HARUS TETAP BERLAKU KARENA SUNAT ROHANI MERUPAKAN  PERTOBATAN DARI DOSA DAN BERPALING KEPADA TUHAN

 ------------------------------------------------
=============================
JAMAN MUSA

ORANG JAHUDI SELAMAT OLEH KARENA MEREKA MELAKUKAN HUKUM TAURAT DAN PERCAYA JURU SELAMAT MESIAS

DAN SEMAKIN DIPERJELAS OLEH TUHAN BAHWA PASKAH ADALAH KELEPASAN DARI HUKUMAN KEMATIAN

PERAYAAN PASKAH ADALAH MERUPAKAN GAMBARAN KORBAN DARAH YESUS (ANAK DOMBA)

Keluaran  12:21. Lalu Musa memanggil semua tua-tua Israel serta berkata kepada mereka: "Pergilah, ambillah kambing domba untuk kaummu dan sembelihlah anak domba Paskah.

Keluaran  12:27 maka haruslah kamu berkata: Itulah korban Paskah bagi TUHAN yang melewati rumah-rumah orang Israel di Mesir, ketika Ia menulahi orang Mesir, tetapi menyelamatkan rumah-rumah kita." Lalu berlututlah bangsa itu dan sujud menyembah.
 
----------------------------------------------
JADI SEBELUM DAN SESUDAH NYA SEMUA HARUS PERCAYA JURU SELAMAT YANG WALAUPUN NAMA ITU (YESUS) BARU DIKETAHUI KETIKA MAU LAHIR
----------------------------------------------

PASKAH BERARTI TUHAN MELEWATI (DOSA SUDAH DIAMPUNI > DIGANTIKAN)

KALAU UMAT ISRAEL PADA WAKTU ITU TIDAK MELAKUKAN SETURUT FIRMAN TUHAN MAKA MEREKA JUGA AKAN KEMATIAN ANAK SULUNG

DOMBA PASKAH ADALAH LAMBANG DARI KRISTUS YESUS MENGANTIKAN HUKUMAN ORANG BERDOSA YG PERCAYA PADANYA

=================================

JANJI DARI AWAL DIGENAPI DALAM YESUS TUHAN (JANJI KESESLAMATAN)

NO 1 SUDAH DIGENAPI > TANAH ISRAEL SUDAH MENJADI MILIK PUSAKA MEREKA
         (LEBIH JAUH PENGERTIAN DARI TANAH KANAAN ADALAH "SURGA" BAGI KETURUNAN ABRAHAM
         YANG BER IMAN PENGENAPANYA DI SORGA)

NO 2 SUDAH DIGENAPI >>> YESUS LAHIR SEBAGAI MESIAS DAN "IMANUEL"

IMANUEL ARTINYA ALLAH BESERTA KITA SECARA MANUSIA JADI ALLAH SUDAH MENJADI TUHAN MEREKA SECARA DAGING

*** PERCAYA JURU SELAMAT***

TANDA SUNAT SUDAH TIDAK BERARTI LAGI DALAM HAL ROHANI KARENA JANJI SUDAH DITEPATI TETAPI SUNAT ROHANI TETAP BERLAKU

KETIKA KITA BERTOBAT DAN PERCAYA KEPADA YESUS TUHAN MAKA KITA SUNAT HATI


=============================
KESIMPULANNYA BEGINI...UNTUK SELAMAT

1. JAMAN ADAM -  //  > MANUSIA HARUS BERIMAN DAN PERCAYA BAHWA SUATU HARI KELAK TUHAN AKAN MENJADI ALLAH MANUSIA (IMANUEL)
2. JAMAN ABRAHAM - MUSA // > MANUSIA HARUS BERIMAN KEPADA JANJI ALLAH DIBUKTIKAN DENGAN SUNAT (TANDA JANJI) BAHWA SUATU HARI KELAK TUHAN AKAN MENJADI ALLAH MANUSI YAITU DARI KETURUNAN ABRAHAM,ISHAK YAKUB (IMANUEL)
3. JAMAN MUSA - YESUS // > MANUSIA HARUS BERIMAN KEPADA JANJI ALLAH DIBUKTIKAN DENGAN PASKAH (MERUPAKAN LAMBANG YESUS) BAHWA SUATU HARI KELAK ALLAH AKAN MENJADI TUHAN MANUSIA (IMANUEL)
4. JAMAN YESUS - SAMPAI SEKARANG // > MANUSIA HARUS BERIMAN KEPADA YESUS TUHAN BAHWA JANJI TELAH DIGENAPI DIMANA TUHAN SUDAH MENJADI ALLAH MANUSIA (IMANUEL)


JOHANES
20:29 Kata Yesus kepadanya: "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya."



NOTE :
1. DISAMPING ITU HARUS MELAKUKAN FIRMAN TUHAN TANDA PERTOBATAN
2. DILUAR DARI 1-4 PADA WAKTU ITU DAN SEKARANG MANUSIA TIDAK DAPAT DISELAMATKAN

Yohanes  14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

YESUS TIDAK PERNA BOHONG ... DAN TIDAK ADA DOSA PADANYA  

==============================
==============================


SEBAGIAN AYAT2 SUNAT

Roma  4:11 Dan tanda sunat itu diterimanya sebagai meterai kebenaran berdasarkan iman yang ditunjukkannya, sebelum ia bersunat. Demikianlah ia dapat menjadi bapa semua orang percaya yang tak bersunat, supaya kebenaran diperhitungkan kepada mereka,

Roma  4:12 dan juga menjadi bapa orang-orang bersunat, yaitu mereka yang bukan hanya bersunat, tetapi juga mengikuti jejak iman Abraham, bapa leluhur kita, pada masa ia belum disunat.

Roma  15:8 Yang aku maksudkan ialah, bahwa oleh karena kebenaran Allah Kristus telah menjadi pelayan orang-orang bersunat untuk mengokohkan janji yang telah diberikan-Nya kepada nenek moyang kita,

I Korintus  7:18 Kalau seorang dipanggil dalam keadaan bersunat, janganlah ia berusaha meniadakan tanda-tanda sunat itu. Dan kalau seorang dipanggil dalam keadaan tidak bersunat, janganlah ia mau bersunat.

I Korintus  7:19 Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak penting. Yang penting ialah mentaati hukum-hukum Allah.

Galatia  5:6 Sebab bagi orang-orang yang ada di dalam Kristus Yesus hal bersunat atau tidak bersunat tidak mempunyai sesuatu arti, hanya iman yang bekerja oleh kasih.

 ===========================

SEMOGA BERMANFAAT DAN TERIMA KASIH

TUHAN YESUS MEMBERKATI SEMUA