BELAJAR PERJALANAN ABRAHAM DAN ADAT MANUSIA UNTUK MEMBUKTIKAN BAHWA ABRAHAM NGAK PERNA TINGGAL DI ARAB

BELAJAR PERJALANAN ABRAHAM DAN ADAT MANUSIA UNTUK MEMBUKTIKAN BAHWA ABRAHAM NGAK PERNA TINGGAL DI ARAB

oleh Korban Kebiadaban Muhammad pada 21 Maret 2011 jam 13:44
BELAJAR PERJALANAN ABRAHAM DAN ADAT ISTIADAT MANUSIA UNTUK MEMBUKTIKAN BAHWA ABRAHAM NGAK PERNA TINGGAL DI ARAB

Kita telah mengetahui bahwa Abraham adalah orang yg dipanggil oleh Tuhan untuk mengikuti NYA dan meninggalkan tanah leluhurnya.

Sebelum kita jauh melangka ... perlu kita ketahui apa Firman Tuhan kepada Abraham...
Kejadian
12:1. Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu;
12:2 Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat.
12:3 Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat."

Abraham sampai di suatu tempat ... yaitu sikhem >>> tanah Kanaan
Lalu Tuhan ber Firman dan jelas sekali, bahwa Tuhan akan memberikan tanah itu kepada keturunan Abraham

12:6. Abram berjalan melalui negeri itu sampai ke suatu tempat dekat Sikhem, yakni pohon tarbantin di More. Waktu itu orang Kanaan diam di negeri itu.
12:7 Ketika itu TUHAN menampakkan diri kepada Abram dan berfirman: "Aku akan memberikan negeri ini kepada keturunanmu." Maka didirikannya di situ mezbah bagi TUHAN yang telah menampakkan diri kepadanya.

Lalu dalam perjalanan masa hidup abraham,dia menempati Betel (tetap sekitar Israel sekarang), tanah negeb, dan ke mesir karena kelaparan.

12:8 Kemudian ia pindah dari situ ke pegunungan di sebelah timur Betel. Ia memasang kemahnya dengan Betel di sebelah barat dan Ai di sebelah timur, lalu ia mendirikan di situ mezbah bagi TUHAN dan memanggil nama TUHAN.
12:9 Sesudah itu Abram berangkat dan makin jauh ia berjalan ke Tanah Negeb.
12:10. Ketika kelaparan timbul di negeri itu, pergilah Abram ke Mesir untuk tinggal di situ sebagai orang asing, sebab hebat kelaparan di negeri itu.

kembali ke tanah negeb,

13:1. Maka pergilah Abram dari Mesir ke Tanah Negeb dengan isterinya dan segala kepunyaannya, dan Lotpun bersama-sama dengan dia.

Abraham berpisah dengan Lot >>> Lot tinggal di lembah Jordan (laut mati sekarang), Abraham tinggal di bukit Hebron (Israel sekarang)
tetap janji Tuhan mengatakan bahwa... <span>tanah yg ada pada Lot pun itu akan menjadi milik Abraham

13:14. Setelah Lot berpisah dari pada Abram, berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pandanglah sekelilingmu dan lihatlah dari tempat engkau berdiri itu ke timur dan barat, utara dan selatan,
13:15 sebab seluruh negeri yang kaulihat itu akan Kuberikan kepadamu dan kepada keturunanmu untuk selama-lamanya.
13:16 Dan Aku akan menjadikan keturunanmu seperti debu tanah banyaknya, sehingga, jika seandainya ada yang dapat menghitung debu tanah, keturunanmupun akan dapat dihitung juga.
13:17 Bersiaplah, jalanilah negeri itu menurut panjang dan lebarnya, sebab kepadamulah akan Kuberikan negeri itu."
13:18 Sesudah itu Abram memindahkan kemahnya dan menetap di dekat pohon-pohon tarbantin di Mamre, dekat Hebron, lalu didirikannyalah mezbah di situ bagi TUHAN. 

KEMATIAN SARAH
Kita tau persis bahwa Abraham adalah orang perantau ...artinya dia ngak perna memiliki harta berupa tanah baik dari nenek moyang ataupun dari perkawinan sebab istrinya juga berasal dari kaum nya.

Abraham tidak mungkin membawa Istrinya yg meninggal ke tanah nenek moyang nya (warisan leluhur) sebab Tuhan telah ber Firman agar Abraham meninggalkan dan melupakan tanah leluhurnya.

Itu lah sebab nya Abraham membeli tanah ditempat dimana Tuhan memang akan memberikan tanah tersebut kepada keturunan nya >>> (Abraham men Amen kan dan mengingat Janji Tuhan), supaya menjadi pusaka dan menjadi milik keturunan nya selama2 nya.

Dia (Abraham ngak mau tanah itu diberikan begitu aja (cuma2),dia mau tanah itu sah... menjadi milik nya dengan membeli (kalau dengan membeli berarti punya kekuatan hukum). 

note :
Tanah dimiliki :
  1. harta warisan (tanah adat nenek moyang)
  2. harta warisan dari perkawinan >>> diberi hak ... misalnya seorang pria perantau kawin dengan seorang, maka pria tersebut dapat hidup bahkan mendapat tanah dan dapat tinggal di tempat mertuanya.
  3. harta yg dibeli sah dengan Uang >>> ada saksi dll

23:2 Kemudian matilah Sara di Kiryat-Arba, yaitu Hebron, di tanah Kanaan, lalu Abraham datang meratapi dan menangisinya.
23:3. Sesudah itu Abraham bangkit dan meninggalkan isterinya yang mati itu, lalu berkata kepada bani Het:
23:4 "Aku ini orang asing dan pendatang di antara kamu; berikanlah kiranya kuburan milik kepadaku di tanah kamu ini, supaya kiranya aku dapat mengantarkan dan menguburkan isteriku yang mati itu."
23:5 Bani Het menjawab Abraham:
23:6 "Dengarlah kepada kami, tuanku. Tuanku ini seorang raja agung di tengah-tengah kami; jadi kuburkanlah isterimu yang mati itu dalam kuburan kami yang terpilih, tidak akan ada seorangpun dari kami yang menolak menyediakan kuburannya bagimu untuk menguburkan isterimu yang mati itu."
23:7 Kemudian bangunlah Abraham lalu sujud kepada bani Het, penduduk negeri itu,
23:8 serta berkata kepada mereka: "Jika kamu setuju, bahwa aku mengantarkan dan menguburkan isteriku yang mati itu, maka dengarkanlah aku dan tolonglah mintakan dengan sangat kepada Efron bin Zohar,
23:9 supaya ia memberikan kepadaku gua Makhpela miliknya itu, yang terletak di ujung ladangnya; baiklah itu diberikannya kepadaku dengan harga penuh untuk menjadi kuburan milikku di tengah-tengah kamu."
23:10 Pada waktu itu Efron hadir di tengah-tengah bani Het. Maka jawab Efron, orang Het itu, kepada Abraham dengan didengar oleh bani Het, oleh semua orang yang datang di pintu gerbang kota:
23:11 "Tidak, tuanku, dengarkanlah aku; ladang itu kuberikan kepadamu dan gua yang di sanapun kuberikan kepadamu; di depan mata orang-orang sebangsaku kuberikan itu kepadamu; kuburkanlah isterimu yang mati itu."

---------------------------------------
Sekarang kita akan pelajari adat istiadat

Kebudayaan di Indonesia bahkan di seluruh dunia hampir sama... dengan keterangan diatas sangat jelas yaitu :

Abraham adalah orang perantau... jelas tidak memiliki harta tanah
Jaman dulu tanah tidak bisa di miliki kecuali,

  1. tanah warisan (tanah adat nenek moyang)
  2. tanah warisan dari perkawinan >>> diberi hak ... misalnya seorang pria perantau kawin dengan seorang, maka pria tersebut dapat hidup bahkan mendapat tanah dan dapat tinggal di tempat mertuanya.
  3. tanah yg dibeli sah dengan Uang >>> ada saksi dll

Karena semua tanah sudah ada yg memiliki apalagi pada saat itu Abraham tinggal di tanah yg sudah ada penduduknya, pasti dia tidak bisa punya tanah kecuali dengan syarat diatas

---------------------------------------

Kematian Abraham di tinjau dari adat istiadat...

Pada umum nya manusia ingin pada waktu mati, tidak di kubur di tanah perantauan. Adat istiadat manusia sampai sekarang ingin, apabila mati maunya di kubur di tanah miliknya sendiri, sama seperti seorang warga negara asing yg mati di Indonesia pada umumnya akan dikembalikan ke Negara asal orang tersebut.
Kita tinjau Abraham... Abraham yg walaupun di negeri perantauan dia tetap di kubur di tanah yg dia miliki sendiri yaitu gua makhpela.

---------------------------------------

Abraham sangat menimani dan mengingat janji Tuhan ... , dia ngak perna dalam tindakannya jauh dari tanah yg di janjikan Tuhan ke padanya, bahkan dia merasakan bahwa seolah2 tanah yg diberikan Tuhan itu memang akan menjadi milik nya dan diperkuat dengan dibeli dari bani Het (penduduk daerah itu)

Jadi kepadanya dan kepada keturunan nya ... Tuhan telah memberikan tanah kanaan dengan bukti yg kuat dia dapat membeli tanah itu menjadi miliknya

Sebelum dia membeli tanah itu ... Abraham dan keturunan nya bukan lah penduduk di situ, tetapi dengan membeli tanah itu maka berarti Abraham dan keturunanya adalah asli penduduk daerah itu.
 ---------------------------------------

Abraham tidak mungkin melawan Firman Tuhan ... sebab dia adalah orang yg paling patuh sedunia manusia, sehingga tidak mungkin Abaham akan melupakan perjanjian Tuhan kepadanya... yaitu :

13:17 Bersiaplah, jalanilah negeri itu menurut panjang dan lebarnya, sebab kepadamulah akan Kuberikan negeri itu."

Dengan kata lain ... karena janji itu Abraham tidak mungkin akan pergi jauh tinggal atau merantau dari negeri yg dijanjikan Tuhan... misalnya Arab, sebab arab jauh nya kira2 1.400 kilo meter dari Kanaan (Jerusalem sekarang). Dia tinggal di tanah yg akan diberikan Tuhan kepada nya ..>>> bukti iman Abraham

Ibrani 11:1. Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. 

ABRAHAM DALAM SETIAP HIDUP NYA BERJALAN DALAM IMAN
 =======================================

KITA TINJAU DARI QURAN

Al Baqarah

127. Dan ingatlah, ketika Ibrahim meninggikan dasar-dasar Baitullah bersama Ismail (seraya berdoa): "Ya Tuhan kami terimalah daripada kami, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui".

PENINGGALAN IBRAHIM PAGAN, TERBUKTI DARI SIMBOL BULAN SABIT

ABRAHAM BANYAK MEMBUAT TEMPAT SEMBAYANG SEBAB MEMANG DIA SUKA SEMBAYANG
Kejadian
12:7 Ketika itu TUHAN menampakkan diri kepada Abram dan berfirman: "Aku akan memberikan negeri ini kepada keturunanmu." Maka didirikannya di situ mezbah bagi TUHAN yang telah menampakkan diri kepadanya.

Kejadian
12:8 Kemudian ia pindah dari situ ke pegunungan di sebelah timur Betel. Ia memasang kemahnya dengan Betel di sebelah barat dan Ai di sebelah timur, lalu ia mendirikan di situ mezbah bagi TUHAN dan memanggil nama TUHAN.

Kejadian
13:4 ke tempat mezbah yang dibuatnya dahulu di sana; di situlah Abram memanggil nama TUHAN.

Kejadian
13:18 Sesudah itu Abram memindahkan kemahnya dan menetap di dekat pohon-pohon tarbantin di Mamre, dekat Hebron, lalu didirikannyalah mezbah di situ bagi TUHAN.

Kejadian
22:9 Sampailah mereka ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya. Lalu Abraham mendirikan mezbah di situ, disusunnyalah kayu, diikatnya Ishak, anaknya itu, dan diletakkannya di mezbah itu, di atas kayu api.

TETAPI TEMPAT ITU TIDAK MENJADI SAKLAR BAGI JAHUDI DAN KRISTEN, DAN TIDAK ADA DICERITAKAN BAHWA ABRAHAM PERNA MELINTASI ARABDAN MEMBUAT MEZBAH (BAITUL)



YG MENJADI PERTANYAAN ...?

ISMAEL TIDAK MUNGKIN TINGGAL JAUH SAMPAI KE ARAB WALAUPUN DI USIR OLEH ABRAHAM, TERBUKTI DARI KETIKA ABRAHAM MENINGGAL ISMAEL TURUT DALAM PENGUBURAN AYAH NYA (TIDAK MUNGKIN DIA TAU KABAR KALAU TINGGAL DI ARAB YG JAUH NYA 1.400 KM)

MENGAPA ABRAHAM MENGUBURKAN SARAH ISTRINYA DI TANAH KANAAN...?

MENGAPA ABRAHAM DI KUBUR DISAMPING ISTRINYA SARAH (KUBURAN YG SAMA)...?
BUKAN KAH ADAT ISTIADAT BAHWA KEHIDUPAN SUAMI ISTRI YG SAH SEHIDUP SEMATI...? ARTINYA BUKAN SAJA WAKTU HIDUP BERDAMPINGAN TETAPI SAMPAI DI LIANG KUBUR PUN MAUNYA HARUS BERDEKATAN
KENAPA HAGAR NGAK DIKUBUR PADA TEMPAT YG SAMA DENGAN ABRAHAM...? INI JUGA MENUNJUKKAN BAHWA ABRAHAM MEMANG TERPISAH HIDUP DENGAN HAGAR SEWAKTU HIDUP

=========================================

BELAJAR DARI WAKTU PENGUSIRAN HAGAR DAN ISMAEL

BEKAL YG BISA DI BAWA OLEH HAGAR DAN ISMAEL BOLEH DIKATAKAN BEKAL TIDAK CUKUP UNTUK PERJALANAN JAUH >>> ARAB MEKAH 1.400 KILO METER

SANGAT BERLEBIHAN KALAU KITA KATAKAN HAGAR DAN ISMAEL SAMPAI DI AIR JAM JAM DI MEKAH DENGAN BEKAL YANG SEDIKIT (TIDAK CUKUP)

SECARA IMAN ABRAHAM NGAK KAN MUNGKIN MELUPAKAN JANJI TUHAN. >>> MENINGGALKAN TANAH KANAAN YG AKAN DIBERIKAN TUHAN BAGI NYA DAN KETURUNAN NYA

SECARA MANUSIA ABRAHAM NGAK MUNGKIN JUGA MEMBERIKAN BEKAL SANGAT SEDIKIT KALAU PERJALANAN ITU CUKUP JAUH. >>> SAMPAI KE ARAB MEKAH, JADI DI DUGA BAHWA HAGAR DAN ISMAEL JUGA TINGGAL DISEKITAR ISRAEL BUKAN DI ARAB TERBUKTI DARI WAKTU PENGUBURAN ABRAHAM, TIDAK MUNGKIN ISMAEL MENGETAHUI KABAR APABILA HIDUP SANGAT JAUH DARI ORANG TUA NYA

21:14. Keesokan harinya pagi-pagi Abraham mengambil roti serta sekirbat air dan memberikannya kepada Hagar. Ia meletakkan itu beserta anaknya di atas bahu Hagar, kemudian disuruhnyalah perempuan itu pergi. Maka pergilah Hagar dan mengembara di padang gurun Bersyeba.
21:15 Ketika air yang dikirbat itu habis, dibuangnyalah anak itu ke bawah semak-semak,
21:16 dan ia duduk agak jauh, kira-kira sepemanah jauhnya, sebab katanya: "Tidak tahan aku melihat anak itu mati." Sedang ia duduk di situ, menangislah ia dengan suara nyaring.
21:17 Allah mendengar suara anak itu, lalu Malaikat Allah berseru dari langit kepada Hagar, kata-Nya kepadanya: "Apakah yang engkau susahkan, Hagar? Janganlah takut, sebab Allah telah mendengar suara anak itu dari tempat ia terbaring.
21:18 Bangunlah, angkatlah anak itu, dan bimbinglah dia, sebab Aku akan membuat dia menjadi bangsa yang besar."
21:19 Lalu Allah membuka mata Hagar, sehingga ia melihat sebuah sumur; ia pergi mengisi kirbatnya dengan air, kemudian diberinya anak itu minum.

=========================================

JADI TERSERAH ANDA SIAPAKAH ABRAHAM YG DI MAQAM (TINGGAL) DI ARAB ITU...???
APAKAH IBRAHIM PAGAN ATAU ASLI ... SEBAB ABRAHAM TIDAK PERNA ADA BUKTI BAHWA IA TINGGAL ATAU LEWAT ARAB MEKAH

BERTOBAT DAN TINGGAL KAN AJARAN YG TIDAK BENAR ITU

TUHAN KU YESUS KRISTUS MEMBERKATI KALIAN